Skip to content

Saham

Investasi Saham

PT Bursa Efek Indonesia

Saham adalah investasi yang paling menarik perhatian di pasar keuangan, dan mungkin memang layak, karena investor dapat mengharapkan return tertinggi dari saham diantara berbagai investasi tradisional.

Semua saham yang terbit mewakili seluruh pemilik perusahaan. Jika seorang investor telah membeli 100% saham dari suatu perusahaan berarti dia memiliki seluruh perusahaan, tetapi jika ia telah membeli saham 33% dari perusahaan yang berarti dia memiliki saham yang mewakili sepertiga dari kepemilikan perusahaan.

Saham Perusahaan dapat dikutip di Bursa Efek atau tidak. Jika saham yang terdaftar di bursa – pembelian dan penjualan saham tersebut sangat sederhana. Jika saham tidak tercatat di Bursa Efek, mereka dapat juga dibeli atau dijual, tetapi proses perdagangan yang lebih rumit, sementara transaksi tersebut dieksekusi di pasar tertutup dan relatif jarang dibandingkan dengan perdagangan di bursa.

Berinvestasi dalam saham dapat menghasilkan keuntungan dalam dua cara:

  • Dividen (atau hadiah lain).
  • Keuntungan dari kenaikan harga saham (Capital gain).

Harga saham dapat berubah dengan sangat cepat dan tidak stabil untuk mencoba memprediksi itu. Dividen lebih stabil tetapi juga dapat menjadi rasio yang salah untuk percaya – bahkan jika perusahaan tidak membayar dividen atau membayar sedikit, ini tidak berarti investasi di perusahaan tersebut buruk. Dan jika perusahaan telah membayar dividen yang tinggi selama beberapa tahun, itu tidak berarti bahwa perusahaan yang sama mampu untuk membayar dividen tersebut secara konsisten.

Jenis saham:

  • Saham umum (common) adalah saham terdaftar biasa yang mewakili kepemilikan perusahaan secara  proporsional dengan semua hal (seperti dividen dan pembayaran modal lainnya) dan non-materi (seperti suara) hak.
  • Saham Prioritas (preferred) tidak benar-benar sebagai istimewa seperti namanya. Saham-saham disebut disukai hanya karena mereka memiliki prioritas di atas saham biasa ketika perusahaan berjalan bangkrut dan juga saham preferen memiliki prioritas dividen. Dalam kebanyakan kasus saham preferen tidak memiliki hak suara dan memiliki dividen tetap yang beberapa persen dari nilai nominal. Saham preferen lain mungkin memiliki variabel yang dividen tergantung pada hasil perusahaan atau dividen saham biasa. Saham preferen kumulatif atau mungkin noncumulative. Jika saham preferen bersifat kumulatif mereka lebih baik dari titik investasi, karena dapat membayar dividen kemudian untuk kerugian-membuat tahun.

BURSA SAHAM

Pasar saham terdiri dari semua bursa saham dan tempat lain di mana saham diperdagangkan. Pasar saham sangat populer di semua  investor dari seluruh dunia. Terlepas dari kenyataan bahwa investor memberikan prioritas ke pasar saham lokal, globalisasi memberikan diversifikasi drive di berbagai daerah di dunia.

Pasar saham memungkinkan  investor untuk berdagan saham dengan cara yang cepat dan nyaman. Pasar saham adalah puncak kapitalisme dan berkembang selama berabad-abad menjadi center dari pasar modal.

Ada beberapa strategi investasi yang digunakan dalam investasi saham.

  • Strategi investasi dalam saham yang berkembang
  • Investasi saham bernilai
  • Investasi saham yang belum menguntungkan

Saham-Saham Spesifik:

  • Saham Penny. Saham yang diperdagangkan dalam harga rendah
  • Saham Berkembang. Saham perusahaan yang berkembang cepat.
  • Saham Bernilai. Saham perusahaan yang memiliki cash flow stabil.
  • Saham Blue Chip. Saham paling dikenal.
  • Saham Kapitalisasi Besar. Saham yang memiliki kapitalisasi pasar besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: